57% Pimpinan Bisnis Ragu Menghadapi Era Digital

Hasil Survey DT Index

Sepanjang Juni – September 2018, DT Index / Digital Dell Technologies, (lembaga Reset yang diluncurkan oleh Dell Technologies & Intel yang salah satu perannya adalah melakukan reset terhadap berbagai perusahaan di 42 negara (per Desember 2018) termasuk Indonesia, dalam hal perkembangan teknologi di internal setiap perusahaan) melakukan Survei terhadap 100 perusahaan bisnis sekala menengah hingga besar di Indonesia .

Hasilnya cukup mengejutkan, antara lain :

1. Sebesar 57% Pimpinan Bisnis mergukan kemampuan perusahaan mereka sendiri dalam memenuhi tuntutan pelanggan di era digital ini yang terus berubah dalam jangka lima tahun ke depan. (mediaindonesia.com)

2. 27% nya khawatir mereka akan kalah bersaing dengan berbagai perusahaan Baru (Startup) yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan di era digital seperti saat ini

Survey tersebut juga mengatakan bahwa mayoritas perusahaan Tanah Air masuk kedalam kategori perusahaan Evaluator Digital, yang artinya masih banyak perusahaan yang masih MEMPERTIMBANGKAN atau bahkan MENUNDA melakukan apa pun terkait dengan transformasi digital.

Apakah perusahaan Anda termasuk didalamnya?

Yang perlu kita perhatikan juga adalah bahwa saat ini kita ada di persimpangan yang sangat penting, di mana teknologi, bisnis dan manusia bertemu untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih terhubung.Itulah kenapa transformasi digital harus menjadi prioritas nomor satu saat ini.

Jika perusahaan Anda tidak mengambil peran disitu, bersiap secara perlahan akan ditinggalkan oleh konsumen Anda.

Karena perlu dicatat, bahwa konsumen Anda 5 tahun ke depan adalah mereka yang sudah terbiasa dengan keberadaan teknologi. Apa jadinya jika perusahaan Anda tidak hadir di tengah kebiasaan mereka?

Transformasi Digital jangan dimaknai sebagai suatu hal yang langsung jadi saat itu juga. Tapi maknailah sebagai suatu proses.

Setidaknya saat ini ada 3 hal yang perlu mulai kita transformasikan ke dalam Digital,
1. SDM
2. Infrastruktur
3. Marketing

ketiganya adalah hal yang perlu bejalan secara beriringan.
Pertama, SDM. ini merupaka hal yang menggerakan seluruh proses Digitalisasi, sehingga perlu menjadi perhatian Anda saat Anda mulai memutuskan untuk melakukan Transformasi ke arah digital.

Kedua, infrstruktur. poin ini memang perlu proses yang tidak sebentar karena memang harus mengintegrasikan seluruh business Proses yang ada, tapi jika tidak memulainya saat ini, kapan lagi?

Ketiga, Marketing. Dalam kondisi saat ini setidaknya kita sudah harus mulai melakukan penetrasi pasar melalui chanel Digital, agar masyarakat juga bisa menangkap kehadiran Anda di tengah hingar bingarnya keaktifan mereka di dunia Digial.

Sekali lagi, Transformasi Digital adalah tentang bagaimana perusahaan Anda memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnis secara lebih efektif dan efisien, menciptakan model bisnis baru, dan menciptakan value-value baru bagi konsumen

Semoga Perusahaan Anda bagian dari perusahaan yang optimis dalam menjawab tantangan era digital.

Penulis :
Dea Sunarwan | Managing Partner Generasi.ID
Business Development & Digital Consultant

Leave a Reply