Hal yang diuji dalam Program Sertifikasi Digital Marketing BNSP

sertifikasi-digital-marketing

Apa saja sih yang diujikan di dalam program Sertifikasi Digital Marketing BNSP?

Halo para Digital Marketing Enthusiast! Bagi kamu yang sudah mulai tertarik dalam program Sertifikasi Digital Marketing dari BNSP, tentu kamu makin penasaran tentang apa saja sih hal-hal yang diujikan? Iya kan? Udah Jujur aja.

Karena biasanya sekalipun sudah berpengalaman dalam aktivitas digital marketing, ada saja hal-hal yang membuat kita cukup deg-deg-an kalau bicara soal ujian. Apalagi yang menguji Negara! 😀

Tenang gaes, hal-hal yang diujikan biasanya tidak jauh dari aktivitas-aktivitas yang dijalankan seorang digital marketer. Tapi kamu juga harus faham betul bahwa cabang keilmuan Digital Marketing kan banyak ya, artinya kalau kamu saat ini aktif sebagai Digital Marketer yang fokus kerjanya di bidang Content Creator atau content management, bukan berarti yang diujikan cuma tok seputar konten saja ya.

Kamu juga harus belajar lagi tentang sub-bidang digital marketing yang lain. Apa saja? oke ta kasih bocoran ya. Misalnya :

  • Website & SEO.

Kalau kamu saat ini aktif sebagai digital marketer tapi tidak menghandle bab website dan SEO ini, mau tidak mau kamu harus pelajari lagi nih bab ini. karena biasanya ini sering muncul di tugas pra-ujian yang dimana menjadi pra-syarat untuk bisa mengikuti Ujian oleh Asesor BNSP. So, belajar lagi yah gimana caranya bikin website sederhana, dan bagaimana cara penggunaan dan optimasi SEO-nya 😀

  • Analytic

Nah ini, kalau kamu belum terbiasa soal hal-hal yang berbau analisa, kamu wajib mempelajari kompetensi analytic ini. Kalau kita bahas lebih dalam tentang Analytic ini, turunannya luas banget. Mulai dari analytic website, analytic competitor, analytic social media, dll. So kamu wajib tau apa saja hal-hal yang perlu di analytic oleh seorang digital marketer, dan tentunya kamu pun harus faham dan bisa menggunakan Tools-tools untuk melakukan analytic. Apa saja? cari tahu sendiri deh. :p

  • Content Management

Kalau bab ini biasanya yang berkenaan tentang pengelolaan konten. Kaidah-kaidah apa saja yang sering digunakan dalam pembuatan konten di berbagai channel digital, struktur konten seperti apa yang ideal untuk campaign ads, dll. intinya kalau terkait content management lebih ke menguji soal konsep-konsep yang selama ini kamu pakai, dan implementasinya seperti apa. Kira-kira begitu 😉

  • Advertising

Ini biasanya lebih ke arah menguji pengetahuan kamu tentang pengelolaan digital paid promote seperti FB & IG Ads, google ads, dll. Strategi seperti apa yang biasanya kamu gunakan dalam hal advertising digital. Kurang lebih itu gambarannya.

Nah kurang lebih gambaran singkatnya topik-topik yang diujikan seperti itu, masih banyak lagi topik-topik lainnya yang belum disampaikan. 😀 “Wah apa lagi emang?” Baiknya kamu temukan sendiri deh di kelas workshop & sertifikasinya >.<. Biar lebih gamblang. 😀 Coba cek Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital (LSP TD) www.lsptd.id untuk lebih jelasnya.

Lalu untuk skema ujiannya sendiri biasanya ada 2 tahap.

  1. Pre-test. dalam fase ini akan ada tugas-tugas ujian yang harus kamu selesaikan. Soalnya apa saja? Perihal Soal, biasanya tiap ujian beda-beda. Udah mending ikut aja deh sertifikasinya. 😀
  2. Ujian Lisan oleh Asesor BNSP. nah ini tahap akhir dari rangkaian program Sertifikasi Digital Marketing. Kamu bakalan diuji layaknya sidang Skripsi deh. >.<

Selesai deh, tinggal kamu tunggu hasilnya apakah kamu dinyatakan Lulus dan Kompeten atau tidak. Biasanya hasil kelulusannya berkisar 2 minggu dari Ujian. Kalau kamu dinyatakan Lulus, tinggal tunggu Sertifikat akan dikirim ke rumah kamu masing-masing. Kalau kamu tidak lulus, akan ada remedial atau ujian ulang sebanyak 1x (kalau tidak salah). Kalau kamu masih tidak lulus juga setelah Ujian remedial, ya kamu harus mengikuti Sertifikasi ulang dari awal.

Intinya gaes, untuk mengikuti Program Serifikasi Digital Marketing dari Lembaga Sertifikasi Profesi dan BNSP, siapkan knowledge, Skill dan mental kamu seputar Digital Marketing secara menyeluruh. karena itu akan sangat membantu kamu dalam mengikuti serangkaian proses Sertifikasi hingga tahap Ujian yang dilakukan oleh BNSP.

So, bagi kamu yang mau segera Take Action,  goodluck ya!

Buktikan Kompetensimu di dunia Digital Marketing dengan mendapatkan Seritifkasi resmi dari negara.

—–

by Dea Sunarwan | Director Deft.ID

Leave a Reply